Menu
More Information, More Education

TMI Optimis Startup Lokal Bisa Tumbuh di Masa Pandemi Asalkan? – HurufBesar.com

  • Bagikan

HurufBesar.com: TMI Optimis Startup Lokal Bisa Tumbuh di Masa Pandemi Asalkan? – HurufBesar.com. Pada kesempatan kali ini HurufBesar.com akan membahas atupun mereview sebuah Topik yang cukup menarik dan memang sangat manarik, yaitu dengan judul TMI Optimis Startup Lokal Bisa Tumbuh di Masa Pandemi Asalkan? – HurufBesar.com. Postingan ini di rangkum dari berbagai sumber dan kami sajikan di Huruf Besar dengan susunan kata yang lebih enak untuk di baca.

TMI Optimis Startup Lokal Bisa Tumbuh di Masa Pandemi Asalkan? – HurufBesar.com

Jakarta, HurufBesar.com – Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), perusahaan ventura milik oprator berplat merah itu menilai meski berada di masa sulit pandemi covid-19, kesempatan startup untuk berhasil tumbuh masih sangat besar.

“Malah beberapa startup terlihat makin happening, misal TaniHub, Si Cepat, itu merupakan startup yang sangat mampu beradaptasi dengan situasi pandemi. Kami melihat startup yang fokusnya pada consumer behavior itu lah yang tumbuh selama pandemi. Masyarkat di masa pembatasan ini takut keluar untuk belanja, maka belanja online. Dan TaniHub berada pada area itu, lalu selama PPKM, belanja online semakin tinggi, maka pick up deleviry menjadi habit baru dari new normal,” kata Direktur Utama TMI Marlin R. Siahaan, Kamis (22/7).

Baca Juga   Indosat Ooredoo Uji Coba Lapangan OpenRAN di Wilayah Maluku   - HurufBesar.com

Baca juga: Seperti Open Signal, Ookla Daulat Telkomsel Sebagai Penyedia Mobile Internet Terbaik di Indonesia

Dan untuk menguatkan para perusahaan rintisan tersebut, TMI memberikan dukungan bukan hanya dalam bentuk investasi modal semata, melainkan juga memperkuat synergy value melalui pemanfaatan keunggulan aset yang dimiliki Telkomsel.

“Nilai tersebut akan selalu dibawa dan menjadi pembeda bagi TMI yang berkomitmen menghadirkan smart digital-preneurship di Indonesia untuk mampu bersaing dalam skala global,” sambungnya.

TMI sendiri selama ini terus mengembangkan investasi pada solusi masa depan bagi masyarakat, yang berfokus pada sektor perdagangan dan periklanan, media dan hiburan, connecting device dan hardware, data dan analisis, serta jaringan dan infrastruktur.

Selama ini TMI telah giat mengakselerasi pertumbuhan startup di sektor-sektor tersebut dengan memanfaatkan sumber daya Telkomsel, mengakselerasikan inovasi, menyediakan dana tambahan untuk memaksimalkan potensi bisnis, serta menghubungkan para startup dengan ekosistem investor lainnya.

Baca juga: Telkom Tetapkan Tujuh Startup Indigo Batch 1–2021

Marlin lebih lanjut menceritakan dari sekiranya sembilan startup yang sudah mendapatkan investasi pre series dan series A/B melalui TMI, hampir seluruhnya merupakan startup lokal hasil karya anak negeri, yang memiliki potensi pengembangan bisnis digital yang menjanjikan di tiap sektornya. Hingga saat ini TMI telah melakukan investasi sekira USD 40 juta di sejumlah startup yang sedang berkembang pesat di Indonesia, antara lain seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

Baca Juga   Closed Beta Test Ragnarok X: Next Generation Segera Dimulai! - HurufBesar.com

Selain memberikan dukungan investasi, pengembangan ekosistem startup yang dilakukan TMI juga terfokus dalam mendorong lebih banyak synergy value yang bisa dikolaborasikan bersama Telkomsel.

“Beberapa yang sudah terimplementasi antara lain kolaborasi bersama Kredivo dalam melakukan skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel serta dalam penyediaan opsi pembayaran dalam berbagai produk dan layanan Telkomsel serta kolaborasi bersama Halodoc dalam menghadirkan bundling paket data  layanan kesehatan dan konsultasi telemedicine tanpa biaya selama pandemi COVID-19 serta mendorong inovasi untuk mempermudah akses layanan berbasis health-tech bagi masyarakat,” papar Marlin.

Baca juga: Indonesia Butuh Ahli Fintech dan Pendiri Startup Bekal Jadi Digitalpreneur

Selain itu, sinergi TMI bersama Tanihub juga dilakukan dalam melakukan skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel untuk memberikan modal usaha bagi petani, serta dalam memberikan solusi internet of things (IoT) bagi petani yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pertanian.  Sedangkan kolaborasi bersama SiCepat juga dilakukan antara lain dalam penyediaan paket data bagi kurir serta dalam implementasi solusi IoT dalam pengelolaan armada kurir.

Baca Juga   Vivo Segera Rilis iQOO Z3 5G - HurufBesar.com

“Ke depan, TMI akan semakin dikembangkan untuk membuka berbagai peluang kolaborasi dan pemberdayaan startup lebih luas lagi. Sudah ada banyak hal yang telah kami persiapkan untuk merealisasikan berbagai rencana strategis dalam beberapa waktu ke depan. Semoga segala upaya tersebut mampu mendorong pemberdayaan calon digital-preneurs di Indonesia dan dunia melalui pemanfaatan ekosistem digital yang dimiliki oleh Telkomsel, demi penguatan ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan,” tutup Marlin.

Kesimpulan

Sedikit dari pembahasan di atas dengan judul TMI Optimis Startup Lokal Bisa Tumbuh di Masa Pandemi Asalkan? – HurufBesar.com ini, semoga menambah wawasan pengetahuan kita agar kita semakin melek dengan dunia teknologi. Sekian dari kami, jangan lupa share dan pantengi terus situs kami untuk update terbaru.

HurufBesar.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *