Menu
More Information, More Education

RAM dan ROM, Apa Perbedaannya?

  • Bagikan
Perbedaan RAM dan ROM
Perbedaan RAM dan ROM

RAM dan ROM, Apa Perbedaannya?Di komputer, memori internal disebut sebagai RAM dan ROM.  Bentuk penuh RAM adalah memori akses random, sedangkan bentuk penuh ROM adalah memori read only. Artikel ini bertujuan untuk menyoroti perbedaan yang berkaitan dengan RAM dan ROM di mana anda dapat mengetahui lebih baik tentang penggunaan dan pemahaman dari bagian komputer yang penting ini.

 

Apa itu RAM?

RAM singkatan dari Random Access Memory adalah unit memori internal terbesar di komputer. Ini adalah yang kedua setelah drive magnetik atau SSD dalam hal kapasitas penyimpanan memori. RAM digunakan untuk menyimpan semua data yang dihasilkan dan digunakan oleh Central Processing Unit atau CPU di komputer secara Real Time. Data pada Ram mampu dibaca, diedit, ditulis, dan dihapus sebanyak yang diperlukan.

Karena RAM bersifat fluktuatif, data apapun yang tersimpan didalamnya akan hilang segera setelah daya terputus, ini adalah alasan utama Mengapa HAM tidak dapat digunakan sebagai perangkat penyimpanan permanen meskipun memberikan akses yang jauh lebih cepat daripada HDD berbasis disk magnetik. Mengingat sifat RAM yang mudah berubah, data yang diproses harus disimpan pada hdd untuk menghindari kehilangan data jika terjadi pemadaman listrik atau penggantian sistem yang tidak terduga.

 

Baca Juga   Evolusi Tetikus Atau Mouse, Bagaimana Prosesnya?

Apa itu ROM?

ROM atau Read Only Memory didefinisikan sebagai memori internal komputer. Sebagai bukti dari bentuk lengkapnya, data pada ROM hanya dapat dibaca oleh Central Processing Unit komputer. Itu tidak dapat dimodifikasi atau diubah dengan cara apapun. Untuk mengakses data yang disimpan dalam ROM, CPU harus melalui RAM. Data pada ROM pertama-tama ditransfer ke RAM, dan baru setelah itu dapat diakses oleh CPU.

ROM adalah gudang dari instruksi yang diterima oleh komputer selama proses bootstrap atau proses booting komputer. Karena ROM terdiri dari memori yang tidak mudah menguap, data yang tersimpan di dalamnya akan tetap utuh bahkan setelah CPU dimatikan.

 

Baca Juga   Situs Paling Populer Untuk Download Musik Legal Dan Gratis

Perbedaan RAM dan ROM

  • RAM, data yang disimpan bersifat tidak permanen. Itu dapat dimodifikasi, ditulis atau dihapus beberapa kali.

ROM, data yang disimpan bersifat permanen. Ini dapat dimodifikasi dengan kecepatan sangat lambat dan hanya beberapa kali saja

  • RAM, terdiri dari memori berkecepatan tinggi.

ROM, lebih lambat daripada RAM.

  • RAM, CPU mampu mengakses data yang tersimpan di dalamnya.

ROM, CPU tidak dapat mengakses data yang disimpan pada ROM. Data harus ditransfer ke RAM sebelum dapat diakses oleh ROM.

  • RAM, ukuran besar dengan kapasitas penyimpanan memori lebih tinggi.

ROM, ukurannya lebih kecil dari RAM dan memiliki lebih sedikit retensi memori dan kapasitas penyimpanan.

  • RAM, cukup mahal.

ROM, relatif tidak mahal.

  • RAM, adalah memory read and write.

ROM, hanya memori read only.

  • RAM, menyimpan data sementara yang sedang diproses oleh CPU saat ini.

ROM, menyimpan instruksi yang diperlukan selama proses bootstrap.

  • RAM, mulai dari 64 MB hingga 4 GB.

ROM, relatif lebih kecil dalam ukuran memori.

 

Baca Juga   KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN SSD

Kesimpulan

RAM dan ROM adalah unit memori internal yang penting dan diperlukan untuk komputer. RAM penting untuk pemrosesan CPU, ROM penting untuk unit komputasi untuk boot, ROM sama pentingnya dan dapat ditemukan pada perangkat media penyimpanan yang dapat dilepas seperti USB Drive, Solid State Drive, SD card, dan lain-lain.

 

baca juga:

    1. Cara Menampilkan Layar PC Ke Handphone Android
    2. Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru
    3. Cara Mengunduh Video YOUTUBE
  • Bagikan

Respon (2)

  1. Ping-balik: Perbedaan Antara Multimedia Dan Hypermedia - Hurufbesar.com
  2. Ping-balik: MRT Dan LRT, Apa Saja Perbedaannya? - Hurufbesar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *